Atraksi Barongsai Meriahkan Perayaan Tahun Baru Islam di Semarang

Selasa, 11 September 2018 - 12:07 WIB
Atraksi Barongsai Meriahkan Perayaan Tahun Baru Islam di Semarang
Atraksi Barongsai Meriahkan Perayaan Tahun Baru Islam di Semarang
A A A
SEMARANG - Ribuan warga dan santri Ponpes Az-Zuhri dengan membawa beragam kreativitas lampion hingga kendaraan hias mengikuti Pawai Budaya di sepanjang Jalan Ketileng Raya, Semarang, Jawa Tengah, Senin (10/9/2018) malam.

Pawai budaya dalam menyambut tahun baru 1 Muharram 1440 Hijriyah ini semakin meriah dengan beragam atraksi, mulai barongsai, drumb band, hingga sepakbola api.

Puncaknya, ribuan warga dan santri, termasuk Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen Zubair secara bersamaan menyalakan kembang api. Dalam peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1440 H ini, Wagub mengajak masyarakat untuk meneladani Nabi Muhammad SAW.

“Mari kita teladani sosok Nabi Muhammad SAW. Dengan semangat tahun baru Islam 1440 Hijriyah, mari kita saling bahu membahu dan bergotong royong membangun Jawa Tengah lebih madani, makmur dan sejahtera,” kata Taj.
Atraksi Barongsai Meriahkan Perayaan Tahun Baru Islam di Semarang

Sementara, Ketua Panitia Heri Supangkat mengatakan dalam mempringati tahun baru Islam 1440 H ini, pihaknya menggelar serangkaian kegiatan mulai dari pawai budaya, doa akhir tahun 1439 H dan doa awal tahun 1440 H serta pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Cahyo Kuntadi, Ki Sindunata, dan Ki Aji Tondo Utama dengan lakon Tumurune Wahyu Topeng Wojo di Joglo Ponpes Az-Zuhri.

Yang menarik, perayaan tahun baru Islam kali ini melibatkan atraksi barongsai yang selama ini identik ditampilkan dalam perayaan tahun baru Imlek.

“Ponpes tak membedakan itu budaya dari mana. Kesenian dari manapun bisa tampil dalam acara peringatan tahun baru Islam ini,” ungkap Heri. Dia mencontohkan, tampilnya barongsai ini merupakan akulturasi budaya sebagai wujud persatuan dalam keberagaman.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5966 seconds (0.1#10.140)